Seminar Teknik Kimia Ajarkan Ambil Peluang Usaha

Sertifikasi ibarat salah satu bekal yang wajib dimiliki oleh mahasiswa. Pada Seminar Regional Teknik Kimia Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Dr. Bambang Mulyana Hermanto, ST,MM., Direktur PT Bamerad menjelaskan sertifikat apa saja yang perlu dikantongi oleh mahasiswa Teknik Kimia, Sabtu (02/03). “Lulusan Teknik Kimia harus punya keahlian di bidang digital, paling tidak aplikasi Visio dan Hysys. Kalau membuka usaha, kalian harus punya minimal sertifikat ISO 9001, 14000, dan 18000,” jelasnya.

Sertifikasi ini berfungsi menunjang kemampuan dasar, artinya kemampuan Teknik Kimia dasar tidak boleh dilupakan. “Anak Teknik Kimia khasnya adalah manajemen proses dan neraca energi, sedangkan neraca energi akan sulit dipahami jika belum menguasai neraca massa. Jika dua hal ini sudah dipegang kuat, kita harus berkembang dengan mengoptimalkan mata kuliah lain yang kita kuasai,” cerita Bambang.

Mata kuliah-mata kuliah ini mampu mendukung langkah memulai usaha. “Peluang bisa datang dari mana saja. Siapa tahu teman-teman saat kuliah bisa membentuk usaha bersama, contohnya konsultan desain pengolahan limbah. Ada yang ahli tentang fluida, jenis bahan kimia, dan lain-lain,” tambah pria yang juga berprofesi sebagai Direktur CV B&A Solution yang bergerak di bidang jasa konsultan lingkungan dan engineering tersebut.

Sumber : http://itnmalangnews.id/seminar-teknik-kimia-ajarkan-ambil-peluang-usaha/


Print   Email